27 Mei 2012

Cara Mengobati Gusi Bengkah, Berdarah Dan Bernanah

Kali ini saya ingin berbagai Tips kepada Anda. Apa Itu ? yaitu tentang Cara mengobati Gusi bengkak, berdarah dan bernanah..
belum lama ini saya mengalami perkara tersebut. awalnya sih, gigi saya berlubang. setelah itu mengalami sakit gigi yang bukan main kepalang. saya rasa anda juga pernah mengalaminya, ya kan?? tentu sakit sekali ya gak?? he... he.. setelah itu Gusi saya mulai benkah dibagian luar dan seering keluar darah dan nanah.... hiiii...

oke langsung saja bagi temen juga yang mengalami perkara yang sama, nih saya kasih Tips cara mengobatinya.

apa itu penyakit Gusi?? Penyakit gusi adalah satu peradangan yang dialami oleh gusi, yang selanjutnya bisa mempengaruhi tulang yang menopang gigi kita. Peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang menjadi 'plak' gigi, lengket, dan lama-kelamaan akan melapisi gigi kita. Maka, jika kita tak membersihkannya tiap hari, dengan menyikat gigi maupun flossing (membersihkan gigi dengan 'benang' gigi), 'plak' gigi kemudian akan makin terbentuk dan bakteri tak hanya menginfeksi gusi kita, namun juga membahayakan lapisan luar gusi dan tulang yang menopang gigi kita.

Ada beberapa tahapan timbulnya penyakit gusi :

Penyakit gusi dapat menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada orang dewasa. Jika hal itu bisa terdeteksi sejak awal, penyakit gusi bisa dihindari. Kita harus rutin memeriksakan gigi kita pada dokter gigi, jika kita mengalami gejala-gejala seperti dibawah ini:

Gusi berwarna merah dan bengkak
Gusi berdarah selama kita menyikat gigi atau melakukan flossing
Gigi tampak lebih panjang, karena gusi tak lagi kuat menyangga
Antara gusi dan gigi mulai ada jarak dan membentuk kantong
Saat menggigit gigi goyang dan gusi terasa sakit
Keluar nanah di antara gusi dan gigi
Bau nafas kita tak sedap dan mulut kita selalu merasa tak nyaman

Bagaimana cara Mengobatinya secara tradisional ?? berikut Tipsnya :

cara pertama :
10 gram tawas bersih dicampur 300cc air biasa dan sedikit pepermint olie dapat digunakan untuk obat kumur-kumur jika gusi bengkak.

Cara Kedua :
5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Setelah disaring, gunakan air tersebut untuk kumur.

Cara Ketiga :
15 gram daun dan akar sereh, 20 gram kunyit, garam secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

oke sebelum terjadi sebabaiknya kita cegah. lantas bagaimana cara mencegahnya??

Tahap awal dari penyakit gusi biasanya dapat dihindari dengan menyikat gigi dan flossing secara teratur. Menjaga kesehatan mulut juga akan membantu terbentuknya 'plak' gigi. Perawatan secara rutin oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi yang lain adalah cara yang tepat untuk mengangkat 'plak' yang terbentuk dan kemudian mengeras menjadi 'tartar'. Dokter gigi atau ahli kesehatan gigi yang lain akan membersihkan potensi terbentuknya 'tartar', di atas dan di bawah gusi.
Jika kondisinya lebih buruk, perlu dilakukan prosedur perawatan terhadap akar gigi. Prosedur tersebut akan membantu gigi, agar mampu menghambat tumbuhnya 'plak'. Dengan perawatan secara berkala pula, tahap awal penyakit gusi bisa dideteksi sejak dini, sehingga menghambat kerusakan yang lebih parah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar